Wednesday, April 18

Sejarah Soto

Soto merupakan hidangan yang terkenal di Indonesia. Soto sendiri sudah kita kenal dengan
makanan tradisional dari berbagai daerah, karena hampir di setiap daerah memiliki makanan yang disebut “soto”. soto itu sendiri memiliki berbagai macam keunikan rasa, untuk mengetahui ciri khas dari soto itu sendiri dari setiap daerah menggunakan nama kota atau daerahnya pada makanan ini, misalnya : soto lamongan, soto madura, soto kudus, soto semarang, soto bandung, dll.
salah satu Soto Lamongan
 
Sejarah soto
Menurut Dennys Lombard, dalam bukunya Nusa Jawa: Silang Budaya, asal mula Soto adalah makanan Cina bernama Caudo, pertama kali populer di wilayah semarang Dari Caudo lambat laun menjadi Soto, orang Makassar menyebutnya Coto, dan orang pekalongan  menyebutnya Tauto bahkan beberapa tempat ada yang menyebutnya Sauto.

Soto juga merupakan campuran dari berbagai tradisi, baik dari tradisi cina maupun tradisi lokal yang mana bumbu dari soto tersebut di sesuaikan dengan lidah orang indonesia sehingga soto masih menjadi primadona makanan sampai sekarang. Isi dari soto identik dengan mie atau soun, daging ayam / daging sapi / daging kerbau, menggunakan perasan jeruk limau, bawang goreng, koya, dan tidak lupa manambahkan nasi.

1 comment: