Wednesday, June 20

Situs Payak - Bantul

Terletak di Dusun Payak, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Situs ini berada di Jl.Yogyakarta-Wonosari km 12. Tepatnya, dari sebelah barat Puskesmas Payak,ada gapura, masuk ke selatan sekitar 200 meter. 

Situs dikelilingi oleh pagar kawat. Di sebelah utara berbatasan dengan jalan dusun dan rumah penduduk, sebelah barat, timur, dan selatan berbatasan dengan jalan dusun
Situs ini oleh para ahli arkeologi dikatakan sebagai pertitaan atau bangunan pemandian atau penempatan air suci pada masa lalu walaupun menurut ukuran pertitaan ini lebih besar dari bangunan candi yang terdapat tidak jauh dari lokasi seperti keberadaan Candi Mantup (kurang lebih 2 km dari lokasi ini), namun tempat ini tidak disebut candi melainkan disebut sebagai situs.
 
Petirtaan ini ditemukan tahun 1970-an oleh para pembuat batu bata, karena lokasi ini sejak dahulu merupakan lahan pembuatan batu bata. Baru pada tahun 1981, situs ini ditangani oleh BP3 Yogyakarta. Situs ini berada di bawah permukaan tanah, berupa bangunan peninggalan masa klasik (diperkirakan abad ke-9 Masehi). 

Bentuk Candi
Bangunan yang tersisa berupa kolam dari batu putih berukuran 3,12 x 1,24 m yang dilengkapi dinding berdenah U dan saluran air berukuran 0,25x0,25 m yang berada di dinding kolam sisi barat daya. Pada dasar kolam terdapat lubang pembuangan air. Selain itu, pada sisi barat laut terdapat relung untuk arca Dewa Siwa. 


Berlatar Belakang Agama Hindu
Diperkirakan situs ini merupakan tempat pengambilan air suci pada upacara keagamaan Hindu. Bangunan petirtaan tampaknya berperan penting dalam upacara keagamaan pada masa itu karena air merupakan salah satu unsur penting dalam pelaksanaan upacara yang diselenggarakan di tempat suci seperti candi

Hal tersebut dibuktikan dengan temuan berupa peripih dan fragmen gerabah yang kebanyakan berbentuk kendi.

1 comment: