Saturday, June 2

Goa Selomangleng - Tulungagung

Goa Selomangleng terletak di Desa Sanggrahan, Boyolangu, Tulungagung, dan masih satu
lokasi dengan Candi Meja .Goa Selomangleng yang ada di Tulungagung berbeda dengan Goa Selomangleng yang ada di kaki Gunung Kawi Kediri. Lokasi goa tersebut cukup terpencil dan berada disekitar tebing Gunung Walikukun

Goa Selomangleng berupa batu besar yang dipahat sedemikian rupa sehingga dari kejauhan akan nampak wujud dari kepala Dwarapala. Di dalam goa terdapat relief yang konon menceritakan tentang kisah Mahabarata.

Selo dalam bahasa Jawa berarti batu. Selomangleng dalam bahasa Jawa lebih dapat diartikan sebagai sebuah batu besar yang dipahat dan dibuat lubang mirip goa. Lubang tersebut berfungsi sebagai tempat bertapa.

 
Goa Selomangleng memiliki dua buah ceruk atau lubang yang menjorok ke dalam, dengan ceruk utama menghadap ke barat dan ceruk lainnya menghadap ke selatan. Pada dinding ceruk utamanya terpahat relief Arjunawiwaha. Keberadaan relief tersebut diharapkan mampu menguatkan hati si pertapa, mengingat Arjunawiwaha merupakan sebuah kisah mengenai Arjuna yang bertapa untuk memohon senjata sakti dari para dewa. 

Dalam pertapaanya itu Arjuna mendapat gangguan dari bidadari-bidadari utusan Bathara Indra. Karena ketulusan hatinya, Arjuna tak bergeming sedikitpun dan akhirnya memperoleh senjata berupa Gendewa.

2 comments:

  1. tak kirain goa selomangleng cuma ada di kediri tho, di tulungagung juga ada tho

    ReplyDelete
  2. htm nya berpa ya masuk wisata ini

    ReplyDelete