Monday, June 25

Candi Losari - Magelang

Terletak Dusun Losari, Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk menuju ke candi tersebut bila dari arah jogja maka terus hingga sampai perbatasan jogja-magelang sekitar 2 kilometer. mendekati lokasi masih menjelajahi kebun salak  karena candinya berada. di tengah-tengah kebun tersebut

Candi Losari ditemukan di tengah kebun salak ketika Badri, pemiliknya, menggali parit pada tanggal 11 Mei 2004. Di galian tersebut ternyata terdapat banyak batu candi. Badri, seorang guru SMP N 12 di Kota Magelang, membawa pulang batu-batu tersebut dan menyusun lagi di halaman rumahnya. 

Penemuan ini kemudian ditindaklanjuti dengan ekskavasi arkeologis dan rekonstruksi oleh pemerintah melalui Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah dan Balai Arkeologi Yogyakarta.

Bentuk Candi
Dari situs ini ditemukan bangunan candi yang masih utuh, terpendam di dalam lahar dari Gunung Merapi. Candi tersebut berukuran sekitar 3x3 meter, menghadap ke barat.dan berada di kedalaman 4 meteran dibawah tanah. Jika musim hujan Candi ini tergenang air.

Dari penemuan batu batu tersebut diduga berlatar belakang Candi Hindu

1 comment: