Sejarah kapal sejalan dengan petualangan manusia. Kapal-kapal awal ini memiliki fungsi yang terbatas. mereka dapat
bergerak di atas air, terbatas hanya itu.
Terutama digunakan untuk berburu
dan memancing dan menyeberangi sungai adalah alasan utama orang untuk menggunakan batang.
Batang mengambang tidak stabil sehingga orang-orang belajar untuk
membuat rakit batang menggunakan beberapa batang diikat bersama-sama.
Yang memungkinkan mereka untuk membawa kargo lebih berat dan untuk
navigasi lebih mudah.
Kelemahan dari rakit adalah besar dan lambat sehingga digunakan hanya pada danau dan sungai kecil.
Sungai Nil adalah cara komunikasi Amang daerah di Mesir kuno. pada waktu
4000 SM kapal pertama dibuat dengan menggunakan batang Papirus (pohon
terhubung dengan kulit terikat). Kemudian, kapal terbuat dari pohon ara
atau akasia. Antara 2500 dan 2000 SM Kapal Mesir dibangun seperti yg
ditampilkan pada gambar. panjangnya 30-40m dengan tiang dan layar.
Dayung yang terletak di bagian tengah kapal digunakan untuk bergerak
melalui air, sedangkan dayung untuk mengubah arah ditempatkan
terbelakang.
Setelah perang melawan Chartaga, Roma menjadi penguasa laut Mediterania. Angkatan Laut Romawi memiliki berbagai jenis kapal.
Gally adalah standar jenis kapal perang dan kapal dagang di Mediterania
sejak abad ke-10. Gally dikembangkan dari kapal Bizantium dan digunakan
hingga abad ke-18. panjang 60m, 7m lebar, dengan draft 3m. Bobot mati
300 ton dan bisa membawa sekitar 500 orang. Budak dan tahanan yang
digunakan untuk mendayung. Gally bersenjata dengan snorkeling di busur,
dengan alat untuk pindah dari satu kapal ke yang lain selama
pertempuran.
Caravel adalah jenis kapal yang luas antara abad ke-12 dan 16. Sangat
cocok untuk perjalanan panjang, dilengkapi dengan 3-4 tiang dan mampu
membawa sekitar 70 orang. Christophor Colombus menggunakan Caravel untuk eksplorasi.
Kapal besar ini digunakan untuk pelayaran lautan, dilengkapi dengan
empat tiang. 600-800 orang bisa naik kapal. Spanyol menggunakan jenis
kapal ini untuk berkomunikasi dengan koloni mereka di Amerika.
Pada abad ke-15 kapal layar telah dibuat. dengan ukuran panjang 70m,
lebar 15m, besar dan megah, dilengkapi dengan tiga tiang-tiang 70m
tinggi. mampu membawa 1000-1200 pria dan dipersenjatai dengan senapan
120.
Clipper dibangun di Amerika untuk bersaing dengan kapal Inggris. Bobot
mati-nya 800-2000 ton dan dengan 3-8 tiang-tiangnya clipper bisa
berlayar dengan kecepatan tinggi. Butuh 13 hari untuk menyeberangi
Samudera Atlantik.
Pada tahun 1803. Orang Amerika bernama Robert Fulton membangun kapal uap
pertama. Pada tahun 1807, Ia membangun kapal uap "Klermon". Butuh 22
jam untuk menyeberangi jarak antara New York dan Albany (287 km). Pada
tahun 1819 "Savanah" dibangun. Dia dilengkapi dengan tiga tiang serta
mesin uap. Kapal Layar klasik "ceared" telah ada tahun itu.
Pada tahun 1858. Great Eastern membangun kapal uap besar yang terbuat
dari baja. panjang 211m, bobot mati 20.000 ton. Kapal ini adalah
pendahulu kapal modern saat ini.
Saat ini perahu motor sangat populer. Digunakan untuk tujuan ekonomi,
pariwisata, olahraga dan lain2. Kapal motor militer digunakan untuk
memerangi atau membawa pasukan dan peralatan militer. Beberapa jenis
kapal motor mencapai kecepatan 200 Km/jam.
Submarine adalah kapal militer yang digunakan untuk operasi di permukaan
laut dan di bawah permukaan. Ketika berlayar pada mesin diesel
permukaan digunakan untuk propulsi, sedangkan mesin listrik digunakan
untuk gerakan bawah air. USA membangun kapal selam nuklir pertama
"Nautilus" yang digunakan sejak 1954. Kapal selam dipersenjatai dengan
torpedo, senapan dan rudal.
Battleship/kapal tempur terbuat dari baja yang kuat. Senjata nya
ditempatkan di dalam kubah dapat dipindahkan ke segala arah. Digunakan
untuk pertempuran di laut dan penembakan port musuh.
Keterlibatan yang lebih besar dari pesawat selama pertempuran laut
diperlukan konstruksi kapal yang dapat membawa pesawat. Pada tahun 1919.
pembawa pertama digunakan. Kapal induk modern menggunakan tenaga nuklir
untuk propulsi.
Sumber : http://www.kaskus.us
Kapal Viking ngga di ulas ya om? menurut saya unik juga kapal ini. thanks ya om artikelnya.
ReplyDelete