Sejarah kapal sejalan dengan petualangan manusia. Kapal-kapal awal ini memiliki fungsi yang terbatas. mereka dapat 
bergerak di atas air, terbatas hanya itu.
Terutama digunakan untuk berburu 
dan memancing dan menyeberangi sungai adalah alasan utama orang untuk menggunakan batang. 
Batang mengambang tidak stabil sehingga orang-orang belajar untuk 
membuat rakit batang menggunakan beberapa batang diikat bersama-sama. 
Yang memungkinkan mereka untuk membawa kargo lebih berat dan untuk 
navigasi lebih mudah.  
Kelemahan dari rakit adalah besar dan lambat sehingga digunakan hanya pada danau dan sungai kecil. 
Sungai Nil adalah cara komunikasi Amang daerah di Mesir kuno. pada waktu
 4000 SM kapal pertama dibuat dengan menggunakan batang Papirus (pohon 
terhubung dengan kulit terikat). Kemudian, kapal terbuat dari pohon ara 
atau akasia. Antara 2500 dan 2000 SM Kapal Mesir dibangun seperti yg 
ditampilkan pada gambar. panjangnya 30-40m dengan tiang dan layar. 
Dayung yang terletak di bagian tengah kapal digunakan untuk bergerak 
melalui air, sedangkan dayung untuk mengubah arah ditempatkan 
terbelakang.  
Setelah perang melawan Chartaga, Roma menjadi penguasa laut Mediterania. Angkatan Laut Romawi memiliki berbagai jenis kapal. 
Gally adalah standar jenis kapal perang dan kapal dagang di Mediterania 
sejak abad ke-10. Gally dikembangkan dari kapal Bizantium dan digunakan 
hingga abad ke-18. panjang 60m, 7m lebar, dengan draft 3m. Bobot mati 
300 ton dan bisa membawa sekitar 500 orang. Budak dan tahanan yang 
digunakan untuk mendayung. Gally bersenjata dengan snorkeling di busur, 
dengan alat untuk pindah dari satu kapal ke yang lain selama 
pertempuran.  
Caravel adalah jenis kapal yang luas antara abad ke-12 dan 16. Sangat 
cocok untuk perjalanan panjang, dilengkapi dengan 3-4 tiang dan mampu 
membawa sekitar 70 orang. Christophor Colombus menggunakan Caravel untuk eksplorasi. 
Kapal besar ini digunakan untuk pelayaran lautan, dilengkapi dengan 
empat tiang. 600-800 orang bisa naik kapal. Spanyol menggunakan jenis 
kapal ini untuk berkomunikasi dengan koloni mereka di Amerika. 
Pada abad ke-15 kapal layar telah dibuat. dengan ukuran panjang 70m, 
lebar 15m, besar dan megah, dilengkapi dengan tiga tiang-tiang 70m 
tinggi. mampu membawa 1000-1200 pria dan dipersenjatai dengan senapan 
120.  
Clipper dibangun di Amerika untuk bersaing dengan kapal Inggris. Bobot 
mati-nya 800-2000 ton dan dengan 3-8 tiang-tiangnya clipper bisa 
berlayar dengan kecepatan tinggi. Butuh 13 hari untuk menyeberangi 
Samudera Atlantik.
Pada tahun 1803. Orang Amerika bernama Robert Fulton membangun kapal uap
 pertama. Pada tahun 1807, Ia membangun kapal uap "Klermon". Butuh 22 
jam untuk menyeberangi jarak antara New York dan Albany (287 km). Pada 
tahun 1819 "Savanah" dibangun. Dia dilengkapi dengan tiga tiang serta 
mesin uap. Kapal Layar klasik "ceared" telah ada tahun itu. 
Pada tahun 1858. Great Eastern membangun kapal uap besar yang terbuat 
dari baja. panjang 211m, bobot mati 20.000 ton. Kapal ini adalah 
pendahulu kapal modern saat ini.  
Saat ini perahu motor sangat populer. Digunakan untuk tujuan ekonomi, 
pariwisata, olahraga dan lain2. Kapal motor militer digunakan untuk 
memerangi atau membawa pasukan dan peralatan militer. Beberapa jenis 
kapal motor mencapai kecepatan 200 Km/jam. 
Submarine adalah kapal militer yang digunakan untuk operasi di permukaan
 laut dan di bawah permukaan. Ketika berlayar pada mesin diesel 
permukaan digunakan untuk propulsi, sedangkan mesin listrik digunakan 
untuk gerakan bawah air. USA membangun kapal selam nuklir pertama 
"Nautilus" yang digunakan sejak 1954. Kapal selam dipersenjatai dengan 
torpedo, senapan dan rudal. 
Battleship/kapal tempur terbuat dari baja yang kuat. Senjata nya 
ditempatkan di dalam kubah dapat dipindahkan ke segala arah. Digunakan 
untuk pertempuran di laut dan penembakan port musuh. 
Keterlibatan yang lebih besar dari pesawat selama pertempuran laut 
diperlukan konstruksi kapal yang dapat membawa pesawat. Pada tahun 1919.
 pembawa pertama digunakan. Kapal induk modern menggunakan tenaga nuklir
 untuk propulsi.
Sumber : http://www.kaskus.us
















Kapal Viking ngga di ulas ya om? menurut saya unik juga kapal ini. thanks ya om artikelnya.
ReplyDelete