Tab Atas

Senin, Mei 7

Sejarah Kapal Titanic

Terbesar dan termegah pada zamannya, sebuah kapal mewah legendaris yang tenggelam di samudra Atlantik 1912 silam.

forward 1st Class Lower Grand Staircase

Asal mula Ide pembuatan kapal ini adalah untuk menyaingi keberadaan kapal Lusitania dan Mauretania yang dimiliki Cunard Line. White Star Line kemudian membuat kapal Titanic yang diharapkan menjadi kapal terbesar dan paling mewah.

Pembangunan Titanic dilakukan di sebuah galangan kapal di Irlandia Utara. Pembuatan kapal ini dimulai selama 31 Maret 1909 hingga 31 Maret 1912 yang dibiayai oleh pengusaha asal Amerika, J.P. Morgan beserta perusahaan miliknya, International Mercantile Marine Co.

Spesifikasi Kapal Titanic :
  • Panjang sekitar 269 m. dan lebar 28 m.
  • Tinggi dari permukaan air ke geladak sekitar 18 m.
  • Berat mencapai 46.328 ton. 
  • Menampung 3.500-an penumpang beserta awak kapal.
Mesin kapal terdiri atas :
  • Tiga baling-baling, dua mesin empat silinder, serta satu turbin Parsons yang memiliki tekanan rendah yang berfungsi untuk memutar ketiga baling-baling.
  • Terdapat 29 ketel yang dipanaskan 159 perapian atau tungku batu bara yang dapat menghasilkan kecepatan hingga 23 knot. 
  • Terdapat empat cerobong kapal setinggi 19 meter, hanya tiga yang berfungsi. Cerobong keempat diapakai untuk lubang udara dan juga menunjukkan kemegahan kapal.
Kemegahan Kapal Titanic
Kemegahan dan fasilitas kapal Titanic tidak ada tandingannya pada masa itu. Di dalam kapal terdapat pemandian Turki, ruang olah raga, fasilitas kolam renang, gelanggang squash, perpustakaan, dan juga tempat ibadah. Seluruh ruang kelas utama dihiasi dengan panel kayu dan dilengkapi dengan perabotan mewah serta perhiasan indah. Kapal juga dilengkapi dengan fasilitas lift, yang merupakan inovasi baru saat itu. Tiga lift untuk dipakai oleh penumpang kelas utama serta satu lift digunakan penumpang kelas dua.
Ketika itu, Titanic dikatakan sebagai pencapaian teknologi dan puncak arsitektur laut. Bahkan dianggap sebagai kapal yang “hampir tidak mungkin tenggelam.”

Interior Kapal Titanic:

1st Class '1 Person' Cabin
  
Louis XVI Parlour Suite
1st Class Lounges & Other Areas ~




1st Class Grand Staircase


1st Class Main Kitchen

1St Class Heated Salt Water Swimming Pool

Radio Wireless Room




Pelayaran Perdananya :
Pada saat melakukan pelayaran perdananya, Titanic menabrak gunung es pukul 23.40 waktu kapal, pada Minggu 14 April 1912. Kemudian sekitar 2,5 jam setelahnya, Titanic pun tenggelam, tepatnya pada Senin pukul 02.20 dini hari.


Tenggelam :
Tenggelamnya Titanic mengakibatkan kematian sebanyak 1.514 orang, dan menjadi salah satu bencana maritim paling mematikan sepanjang sejarah. 



Sumber : http://mredfootballatfault.blogspot.com/



Artikel Terkait Lainnya:

Admint : Fanisa Lia ~Warnai harimu dengan Info menarik~

Anda sedang membaca artikel yang berjudul Sejarah Kapal Titanic,, Terimakasih atas kunjungan serta kesediaannya untuk membaca artikel Diatas. Semoga artikel tersebut bermanfaat....:)

|:: Ttd warna info blog ::|

0 komentar:

Poskan Komentar