Tab Atas

Selasa, April 17

Sejarah Pempek (empek-empek)

Makanan lezat yang satu ini, merupakan makanan khas dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Terbuat dari bahan dasar ikan dan tepung sagu atau tepung tapioka.
Biasanya, pempek atau empek - empek ini, disajikan bersama dengan saus hitam yang terbuat dari air gula merah yang telah ditambahkan dengan bawang putih, cabe rawit, cuka masak, garam dan ebi. Saus ini, biasa disebut dengan cuko. Biasanya mentimun, dan mie kuning juga sering dipakai sebagai bahan pelengkap.



Tahukah anda sejarah tentang asal mula makanan ini? Konon, menurut cerita rakyat, makanan ini telah ada sejak abad ke 16, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin II, seorang penguasa di kesultanan Palembang-Darusallam. Pada masa ini, banyak perantau Cina yang masuk ke daerah ini. Nama Pempek sendiri berasal dari kata "apek", yang berarti lelaki tua keturunan Cina. 

Sekitar tahun 1617, seorang apek yang prihatin dengan melimpahnya ikan yang terdapat di sungai Musi yang mengalir didaerah ini, mengolah ikan-ikan tersebut menjadi makanan baru yang hingga saat ini kita kenal dengan sebutan pempek. 

Pada awalnya makanan ini, terbuat dari ikan belida. Namun, seiring dengan harganya yang mahal karena semakin langka, ikan tersebut sering diganti dengan ikan lain, seperti tenggiri, teri, kakap merah, ikan ekor kuning, tuna, dll.

Ada berbagai jenis pempek, pempek isi telur yang biasa dikenal sebagai pempek kapal selam, pistel yang merupakan pempek yang berisi pepaya muda (kates), pempek adaan, tunu, pempek tahu, pempek keriting, lenggang dan masih banyak jenis pempek lainnya.

Pempek dapat disajikan dengan cara di rebus, digoreng, dan dipanggang. Adonan pempek juga dapat dibuat makanan sejenis lainnya. Seperti model dan tekwan yang disajikan dalam kuah seperti sup dan dilengkapi dengan soun, jamur kuping, bunga sedap malam, dll. Serta Laksan dan celimpungan yang disajikan dalam kuah santan.



Artikel Terkait Lainnya:

Admint : Fanisa Lia ~Warnai harimu dengan Info menarik~

Anda sedang membaca artikel yang berjudul Sejarah Pempek (empek-empek),, Terimakasih atas kunjungan serta kesediaannya untuk membaca artikel Diatas. Semoga artikel tersebut bermanfaat....:)

|:: Ttd warna info blog ::|

0 komentar:

Poskan Komentar