Saturday, June 16

Situs Goa Sentono - Yogyakarta

Terletak di Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman. Lokasinya berada di kaki bukit dan berdekatan dengan lokasi Candi Abang. Situs Goa Sentono adalah goa buatan yang di pahat pada sebuah batu, sehingga lebih tepat jika disebut sebagai ceruk.
Di antara kedua ceruk tersebut terdapat pahatan Trimurti yang di hadapanya terpahat sepasang lingga yoni.

Ceruk Ke -1
Di dalam ceruk pertama dari goa Sentono ini terdapat sebuah relief yang hampir mirip dengan relief meru atau gunung dan sebuah Yoni di lantai

Ceruk Ke -2
Di dalam ceruk kedua atau ceruk tengah terdapat relief siwa dan sebuah Lingga yoni

Ceruk Ke -3
dan di dalam ceruk ketiga terdapat sebuah Lingga Yoni dan di dinding samping kanan kiri terdapat relief Agastya dan Durga
.
Situs yang serupa dengan Situs Goa Sentono juga dapat dijumpai di Jawa Timur, yaitu Situs Goa Selomangleng di Kediri dan Goa Selomangleng di Tulungagung. Hal ini tidak begitu mengherankan, sebab sekitar abad ke 10 pusat pemerintahan Kerajaan Mataram kuno berpindah dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

dan dilihat dari ornamen-ornamen yang terdapat dalam ceruk tersebut ada besar kemungkinan dulu tempat ini di gunakan oleh masyarakat setempat sebagai kuil atau tempat pemujaan untuk dewa-dewa umat Hindu. Hal ini bisa dilihat dari keberadaan Lingga Yoni yang merupakan lambang kesuburan, relief dewa Agastya  sebagai perwujudan dewa Siwa dalam bentuk mahaguru dan dewi Durga yang merupakan dewi kebaikan sekaligus istri dari dewa Siwa. 

No comments:

Post a Comment