Tuesday, June 12

Situs Rimba Candi atau Gapura Sriwijaya - Kota Pagar Alam

Terletak di dusun Rimba Candi Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagar Alam Sumatera Selatan
Bisa di tempuh dengan perjalanan selama kurang lebih 30 menit dari dusun Rimba Candi menuju lokasi dengan berjalan kaki, dikarenakan jalan menuju lokasi yang sulit dilalui kendaraan.
Koordinator Tim Napak Tilas Kerajaan Sriwijaya Jayadi, menjelaskan timnya telah berkerja melakukan penggalian sejak 16 Desember 2008 lalu setelah mendapat izin dari pemerintah kota Pagar Alam. dan berharap upaya pemugaran benda cagar budaya Gapura Kerajaan Sriwijaya tidak mengalami kendala, dengan dukungan semua pihak.

Situs Rimba Candi ramai dikunjungi oleh kalangan masyarakat dari berbagai daerah. Setiap hari rata-rata 50 orang pengunjung yang berasal dari kota Pagar Alam dan kabupaten Lahat mendatangi situs Rimba Candi ini.
 
9 Gapura Kerajaan Sriwijaya  
Koordinator Tim Napak Tilas Gapura Kerajaan Sriwijaya  menjelaskan  di situs Rimba Candi ini keseluruhannya berjumlah 9 gapura. Namun yang baru ditemukan baru tujuh gapura

kondisi seluruh gapura kerajaan Sriwijaya yang berada di situs Rimba Candi ini dalam keadaan roboh. faktor penyebab gapura tersebut roboh, kemungkinan diakbiatkan oleh faktor alam seperti gempa, erosi dan sebagainya.
 
Ciri khas reruntuhan gapura kerajaan Sriwijaya ini pada umumnya bebatuan berbentuk segi lima memanjang dengan tanda cekungan berbentuk oval kedalam di salah satu sisi batu tersebut.  tanda cekungan ini merupakan pengunci agar batu tersebut bisa menempel atau disatukan. Dari penelitan Semakin besar kepingan reruntuhan gapura, semakin besar pula tanda pengunci yang berbentuk cekungan tersebut.   

   

No comments:

Post a Comment