Thursday, June 21

Candi Miri - Sleman

Terletak di Dusun Nguwot, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Propinsi DIY. Situs Candi Miri (Miring) memiliki sebidang tanah dengan luas + 16,5 x 25 m.  tepatnya lokasi candi itu berada di atas bukit dan di tengah hutan belantara.
Gambaran lingkungan situs Candi Miri serupa dengan situs Candi Ijo, Candi Barong, Dawangsari, Arca Gupolo dan Candi Ratu Boko, terutama mempunyai kesamaan kemampuan air tanah dengan Candi Ratu Boko.

Situs ini berada di puncak bukit yang dikelilingi oleh ladang dengan areal situs kurang lebih berukuran 10 x 25 m. Situs berupa runtuhan bangunan, yang diperkirakan merupakan bangunan candi. Hal ini dapat diketahui berdasarkan temuan arkeologisnya berupa: dua yoni tanpa lingga, tiga arca yang sudah aus, arca Nandi, arca Siwa dan kemuncak stupa.



Dua Yoni tanpa lingga dengan bahan andesit, tiga arca (arca I, II dan III) yang sudah aus, salah satu arcanya.

Arca III diidetifikasi sebagai arca mahakala karena beratribut gada, ditemukan berdekatan dengan reruntuhan bangunan. 

Kemuncak stupa dengan bahan andesit ditemukan + 50 m disebelah timur dari reruntuhan bangunan. Arca Nandi, dengan bahan batu andesit, ditemukan + 150 m dari kemuncak stupa, dan arca roboh yang diidetifikasi sebagai arca Siwa ditemukan + 30 m sebelah barat reruntuhan bangunan pada tebing yang curam.


Warga sekitar perpendapat bahwa batu candi terbuat dari bongkahan yang diambil dari sebuah bukit yang bernama bukit watu letter. yang jaraknya dari candi miri hanya sekitar 100 meteran. 

Lokasi ini disebut Watu Leter oleh masyarakat setempat yang artinya adalah batu datar 

dan dari puncak bukit watu letter tersebut kita bisa melihat kecamatan prambanan bagian klaten. dan terlihat jelas hamparan hijau persawahan masyarakat prambanan.

2 comments: