Saturday, June 23

Candi Lumbung - Magelang

Pemindahan candi
Terletak di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan  Kecamatan Sawangan, Kabupten Magelang ini adalah lokasi candi yang baru,Lokasi candi ini juga berdekatan dengan Candi asu sengi dan candi pendem sedangkan lokasi yang lama berjarak 750 Meter dari lokasi ini. 
Candi Lumbung dipindahkan dengan jalan membongkar batu candi satu persatu secara manual. Peralatan yang digunakan juga sangat sederhana, yaitu tambang kapal serta papan kayu karena medan yang berat menyebabkan alat berat tidak bisa masuk ke lokasi.

Hal ini dipindah karena lokasi awalnya berdekatan dengan sungai, dan dikhawatirkan akan hanyut terbawa oleh lahar dingin. Pemindahan ini diperkuat karena jarak candi dengan bibir jurang tinggal 1 meter. Karena ada peraturan bahwa candi dilarang dipindahkan dan harus tetap diletakkan di tempat dibangunnya maka candi Lumbung dipindah sementara di dusun Tlatar sesuai kontrak dengan Dukuh setempat.

Bentuk Candi
Bangunannya berdiri di atas batu berdenah bujur sangkar dengan ukuran 8,43 x 8,43 meter, dan menghadap ke arah barat. 


Di bagian atap bangunan sudah terlihat runtuh tak berbentuk, hanya tersisa sedikit di bagian barat daya, dan batu-batunya menumpuk di tengah bangunan candi. 

Pada bagian pipi tangga, terdapat hiasan berpola sulur gelung yang keluar dari pot dan diapit dua ekor patung burung. dan pada hiasan lainnya ada mahluk buto yang diapit juga oleh burung, dan di bagian kaki candi, terdapat relief naga dan burung.

Candi Lumbung diperkirakan peninggalan budaya Hindu yang didirikan pada abad VIII. Nama candi lumbung sama dengan candi lumbung yang berada pada komplek candi prambanan. Dinamakan Candi Lumbung karena kemungkinan candi ini digunakan untuk menyimpan bahan-bahan makanan untuk rakyat kerajaan.

1 comment: