Monday, May 14

Reco Lanang

Reco Lanang ini terletkak Di Desa Kemloko Gede, Kecamatan Trawas, Mojokerto, di lereng Gunung Butak.
Jalan berbatu dan sedikit menanjak. Arca Lanang setinggi 5,7 m tersebut dahulu dalam keadaan terlentang tidak treurus. Kini telah berhasil didirikan dan ditempatkan dalam sebuah cungkup sebagai pelindung yang dikerjakan selama 3 bulan dari bulan Januari sampai dengan Maret 1990 tepatnya tanggal 5 Maret 


Disebut Reco Lanang atau Reco Jaler artinya arca laki-laki Arca yang terbuat dari batu andesip  ini merupakan gambaran dari perwujudan salah satu Dhani Budha yang disebut Aksobnya yang menguasai arah mata angin sebelah timur.
Agama Budha Mahayana mengenal adanya beberapa bentuk kebudhaan yaitu Dhyani Bodhisatwa dan manusi Budhi. Dhyani Budha digambarkan dalam perwujudan Budha yang selalu bertafakur dan berada di langit. 
 
Dengan kekuatannya ia memancarkan seorang manusi Budha yang bertugas mengajarkan dharma di dunia. Tugas manusi budha berakhir setelah wafat dan kembali ke Nirwana. 

Demi kelangsungan ajaran dharma, Dhyani Budha memancarkan dirinya lagi ke dunia yaitu ke Dhyani Boddhisatwa. Setiap jaman mempunyai rangkaian Dhyani Budha, Boddhisatwa dan Manusi Budha.

No comments:

Post a Comment