Tuesday, May 29

Candi Sumbernanas - Blitar

Candi Sumbernanas terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok. Lokasi candi yang tinggal reruntuhannya ini tak jauh dari Kantor Desa Candirejo. Bangunan candi berada di tengah ladang yang tidak terlalu banyak pemukiman warga di sekitarnya.
 
Candi Sumbernanas ditemukan pertama kali pada tahun 1919 ketika tanah di sekitar candi longsor akibar letusan Gunung Kelud. Keadaan bangunannya telah runtuh, hanya tinggal bagian yang masih tersisa seperti yang terlihat saat ini.


candi ini disebut dengan nama Candi Genengan atau Candi Puton. Candi ini menghadap ke arah barat, sedangkan bilik candinya dalam keadaan kosong, dan di atas pintu masuk bilik candi tersebut dipahatkan angka 1271 Saka (1349 M). Saat ini yang tersisa dari bangunan candi adalah bagian dasar dengan ukuran panjang 7,6 m dan lebar 7,4 m. Di atas pintu masuk dan relung candi terdapat hiasan yang berupa kala dan di halaman candinya ditemukan arca Siwa Mahaguru dan Mahakala. Candi ini terbuat dari bata merah dan sekarang ini dalam kondisinya sudah rusak. sumber :id.wikipedia.org

Berdasarkan temuan tersebut diduga candi ini merupakan candi yang bernafaskan agama Hindu.

2 comments: