Tuesday, May 15

Candi Bacem - Sutojayan, Blitar Jawa Timur

Candi Bacem adalah sebuah candi yang terletak di Dusun Cungkup, Desa Bacem, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Candi yang terbuat dari batu bata ini terdiri dari dua buah candi, yaitu candi Bacem I yang mempunyai ukuran tinggi 109 cm, panjang 310 cm, lebar 300 cm, dan Candi Bacem II yang berukuran tinggi 110 cm, panjang 540 cm dan lebarnya 500 cm. Bentuk dari kedua candi ini tidak beraturan karena susunan batu batanya sudah tidak menunjukkan profil yang jelas, dan hanya tinggal susunan batu bata pada pondasinya saja.

sedangkan bagian tubuh dan atap candi sudah tidak ditemukan lagi. Candi ini mempunyai tangga naik yang tebuat dari batu andesit yang terletak di sebelah utara. Candi Bacem I mempunyai 6 buah umpak batu dan dua buah batu candi dengan batu sudut antefik. Sedangkan di Candi Bacem II ditemukan 11 buah umpak, baik yang masih polos maupun yang sudah mempunyai hiasan, lima buah batu candi dan satu buah puncak candi. Jarak antara Candi Bacem I dan Candi Bacem II sekitar 500 m.

Berdasarkan adanya umpak diduga tubuh Candi Bacem berbentuk balai dengan atap dari genting. Hal tersebut didukung dengan adanya pecahan genting disekitar candi utama.

No comments:

Post a Comment