Thursday, April 12

Sejarah Transportasi Kota Jakarta

Sejarah tentang transportasi Jakarta berawal dari pelabuhan yang bernama sunda kelapa.
Dari zaman dahulu kala pelabuhan sunda kelapa sangat ramai dan strategis. pada tahun 1859 pelabuhan sunda kelapa mulai sepi karena terjadi akibat pendangkalan sehingga kapal-kapal banyak yang tidak beroprasi dan barang-barang dari tengah laut diangkut oleh perahu-perahu yang ada, sejak itu pula dibangun pelabuhan Tanjung Priok dan kereta api pertama antara Batavia-bogor. 
Perkembangan tranportasi kota Jakarta pun memasuki babak baru ketika daerah-daerah pemukiman muncul didaerah sekitar pelabuhan. Mulailah muncul jalan-jalan penghubung di daerah sekitar pelabuhan. Hingga zaman sebelum kemerdekaan , Jakarta sudah berubah menjadi sebuah kota yang modern yang kala itu bernama Batavia. Pada saat itu, tahun 1943 sebelum Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, ada angkutan massal yang disebut Zidosha Sokyoku (ZS). Jangan membayangkan bentuk kendaraan yang bermesin, angkutan tersebut berupa sebuah gerobak yang ditarik seekor sapi, bahkan ketika keadaan serba sulit karena perang sapi penariknya justru disembelih untuk dimakan.

Dapat disimpulkan bahwa dari dulu jakarta sangat padat dan ramai terutama dalam arus perpindahan barang. insfratruktur dasar perkotaannya pun merupakan insfrakrutur transportasi seperti pelabuhan dan jalur kereta api.

2 comments:

  1. Makasih udah share sob, blog yang bermanfaat ........................


    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete