Sunday, April 1

Google Account Activity memantau aktivitas user di layanan Google

Google meluncurkan Account Activity yang memungkinkan pemilik akun Google untuk melihat aktivitas yang pernah dilakukan dalam kurun waktu tertentu (perbulan).

Record aktivitas baru akan aktif bila user telah mengaktifkannya secara manual. Dan setelah Akun Google diaktifkan maka user akan mendapatkan report secara bulanan yang dikirimkan melalui email yg berisi link report secara mendetail.

Report akan menunjukkan aktifitas apa saja yg dilakukan user di seluruh layanan Google seperti berapa kali anda sign-in, lokasi & negara sign-in, jumlah email yang dikirim & diterima, tipe browser yang dipakai, jumlah pencarian di Google, tempat / lokasi yg dikunjungi di Google Latitude, video yang diunduh ke YouTube serta informasi lainnya.

Tujuan utama dibuatnya Account Activity adalah sebagai salah satu cara untuk memproteksi keamanan akun Google.

Contohnya bila user mendapati akunnya diakses dari negara lain, browser, ataupun device yg tidak dikenal maka user bisa segera mengganti password dengan 2-step verification.

Bila tertarik untuk melihat data yang dimiliki Google mengenai aktivitas yang telah anda lakukan, aktifkan dengan mengunjungi link ini kemudian centang dan tekan tombol ikut serta.

No comments:

Post a Comment